Connect with us

Magetan's

Dari Talut Bronjong di Kebaran Yang Roboh di Terjang Banjir, Warga Berharap Pemerintah Menelusuri Penyebabnya.

Published

on

Dari Talut Bronjong di Kebaran Yang Roboh di Terjang Banjir, Warga Berharap Pemerintah Menelusuri Penyebabnya.

Rasi Fm – Talut bronjong di Dukuh Kebaran Kelurahan Tawanganom ambrol setelah diterjang luapan banjir dari derasnya air hujan yang turun beberapa hari terakhir di Kabupaten Magetan. Parti salah satu warga Dukuh Kebaran yang berada tak jauh dari lokasi robohnya talut bronjong mengaku akibatnya jalan desa terancam putus karena bronjong yang ambrol telah merusak separuh jalan. Banjir dari luapan parit bahkan masuk ke rumah warga yang berada tak jauh dari bantaran selokan.
“Bronjong yang sebelah sini baru, belum sebulan ini, kalau sebelah sana sudah lama. Sebelum dibronjong hujan ya longsor, hujan longsor gitu terus soalnya airnya besar terus. Kalau besar lompat masuk rumah sini. Yang viral itu sampai di situ,” ujarnya
Parti berharap pemerintah daerah mencari penyebab dari luapan selokan yang selalu terjadi jika Magetan diguyur hujan. Menurutnya kurangnya saluran pembuangan dan tingginya curah hujan membuat air hujan meluap dan merusak bangunan bronjong yang mengakibatkan rusaknya jalan desa. Meski pemerintah daerah melakukan perbaikan talut bronjong . upaya tersebut menurutnya kurang maksimal jika pemerintah tidak menyelesaikan permasalahan karena masih adanya banjir dari luapan saluran air akibat air dari bagian hulu tidak ditangani. jika banjir kembali terjadi maka bronjong yang baru dibangun dipastikan akan rusak lagi.
“Ini bahaya lagi misale banjir satu kali lagi apa nggak putus jalannya. Kalau dicari sumber airnya dialihkan alirannya disini kan aman. Kalau ndak diperbaiki lagi banjir lagi jebol lagi diperbaiki jebol lagi. Samsat juga aman,” imbuhnya.
Sebelumnya hujan deras yang mengguyur Kabupaten Magetan merusak sejumlah fasilitas umum seperti jembatan di Desa Bogem serta sejumlah talut. Banjir yang menggenangi Jl Sukowati juga sempat membuat pemotor sempat terseret arus deras dan viral di media social. (DmS)

Baca Juga:  APBN defisit, PNS terancam tidak dapat THR dan gaji ke-13

 285 total views,  3 views today