Connect with us

Magetan's

Petani Warga Desa Pacalan Harus Pasang Jaring Hindari Serangan Monyet

Published

on

Petani Warga Desa Pacalan Harus Pasang Jaring Hindari Serangan Monyet

Rasi Fm – Petani di Desa Pacalan Kabupaten Magetan harus memasang jaring pada lahan mereka yang berbatasan dengan lembah yang merupakan kawasan habitat monyet. Sarmini salah satu petani daun koncang di Desa Pacalan mengatakan, kawanan monyet biasanya akan menyerbu tanaman petani yang tidak dipasang jaring.
“Pasang jaring bisa aman, tidak bisa masuk, Kadang melompat diantara pohon bisa masuk, Di lembah itu banyak. Tanaman kol, koncang itu mereka mau dimakan bagian umbinya,” ujarnya.

Baca Juga:  BPRS Magetan Salurkan Pinjaman Kepada 2000 Pelaku UMKM Tanpa Agunan

Sarmini menambahkan, kawanan monyet yang menyerang lahan sayur miliknya mampu menghabiskan lebih dari satu karung tanaman sayur. Untuk meminimalisir kerugian, selain memasang jaring petani juga mananam tanaman yang tidak disukai monyet di saat musim kemarau seperti tanaman tembakau atau tanaman cabai disela sela bertanam sayuran.
“ Kalau tidak ketahuan orang ya banyak yang dimakan. Kadang daun sisa yang mereka makan bisa setengah karung. Selain sayur ya cabai, koncang, kobis, kol ya bungkul, pokcai yang terakhir tanam itu tanam tembakau. Kalau cabai monyet tidak mau,” imbuhnya.
Meski dengan menggunakan jaring bisa meminimalisir serangan monyet, namun disaat musim tanaman di awal musim penghujan petani masih mengalami kerugian akibat serangan monyet.(DmS)

Baca Juga:  Karo SDM Polda Jatim Kunjungi Kampung Tangguh Semeru di Desa Bogoarum Magetan

 109 total views,  3 views today