Connect with us

Magetan's

Kapasitas RPH Hanya 20 Ekor Sapi Perhari, Panitia Kurban di Magetan Sembelih Sendiri Hewan Kurban.

Published

on

Kapasitas RPH Hanya 20 Ekor Sapi Perhari, Panitia Kurban di Magetan Sembelih Sendiri Hewan Kurban.

Rasi Fm – Kapasitas rumah pemotongan hewan (RPH) yang hanya mampu memotong 20 ekor sapi perhari tak sebanding dengan keinginan warga untuk menitipkan pemotongan hewan kurban milik mereka. . Kabid Kesehatan Hewan, Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Magetan Budi Nurohman mengatakan, untuk pelayanan penyembelihan hari raya kurban RPH Kabupaten Magetan hanya akan menerima pemotongan hewan kurban sebanyak 80 ekor sapi. Pembatasan dilakukan karena kapasitas dari pengolahan limbah di RPH Magetan memang hanya untuk 20 ekor sapi setiap hari. Sementara warga yang mendaftarkan sapi kurban untuk dipotong di RPH di hari raya Idul Adha sebanyak 100 ekor sapi.
“Menghindari kerumuman dan sebagainya makanya kami membatasi, tidak seperti tahun kemarin yang diatas 80 ekor kita berani motong. Secara teknis RPH ini dibangun sesuai dengan kandang peristirahatan, kemampuan air dan kapasitas pengolahan limbah memang diseting untuk 20 ekor sapi,” ujarnya.
Salah satu Panitia Kurban Masjid Al Huda Ngadirejo Sudarji mengatakan, untuk memotong 5 ekor sapi di RPH Magetan dia sudah mendaftarkan diri sejak 1,5 bulan agar mendapatkan kuota penyembelihan. Untuk memotong sapi kurban di RPH dia mengaku harus membayar Rp 800.000 per ekor. Panitia di masjid desanya telah melakukan 2 kali penyembelihan hewan kurban di RPH sejak masa pandemic covid 19. Dia mengaku dengan menyembelih hewan kurban di RPH lebih praktis karena panitia kurban tinggal membagi daging kurban kepada warga.
“ kelebihannya kalau di RPH lebih praktis lebih higienis, tidak makan banyak orang sehingga sapi dapat terkadang berontak tidak terkendali karena banyak yang nonton. Untuk 1 ekor sapi kita membayar Rp 800.000 jadi untuk 5 ekor kita membayar 4 juta rupiah,” katanya.
Terbatasnya kapasitas penyembelihan sapi kurban di RPH Magetan membuat sebagian warga Magetan menyembelih sendiri sapi kurban yang telah mereka bawa ke RPH. Nur Salim panitia kurban dari Masjid At Taqwa Magetan memilih menyembelih sendiri 4 ekor sapi dan 6 ekor kambing kurban di lapangan belakang RPH karena lamanya antrian untuk penyembelihan hewan kurban. meski dilakukan sendiri penyembelihan di lingkungan RPH namun dia memastikan jika pemotongan hewan kurban menggunakan tenaga yang terlatih dan tetap menerapkan protokol kesehatan.
“ Disembelih oleh tenaga sukarelawan yang setiap tahun menyembelih dan professional , tetap di RPH karena antrian banyak disana udah ada pesanan, teman teman pagi bisa menyembelih, disana antri agak siang,” ujarnya. (DmS)

Baca Juga:  Kenaikan Belanja Sosial Untuk Program Kemiskinan

 169 total views,  3 views today