Connect with us

Magetan's

JEKMIL, Layanan Ojek Khusus Ibu Hamil

Published

on

JEKMIL, Layanan Ojek Khusus Ibu Hamil

JEKMIL, Layanan Ojek Khusus Ibu Hamil

Di Kecamatan Bendo terdapat ojek khusus untuk ibu hamil. Warga menyebutnya dengan sebutan Jek mil. Iin Rosita Bidan Desa Carikan Kecamatan Bendo Kabupaten Magetan pencetus jekmil mengatakan, jekmil melayani khusus ibu hamil yang akan melakukan pemeriksaan kondisi kandungan mereka, namun kesulitan menuju puskesmas karena suami harus bekerja. Menurutnya, keberadaan jekmil mampu menepis kekhawatiran ibu hamil terpapar covid 19 yang akan berpengaruh kepada janin mereka, karena driver jekmil adalah warga desa setempat yang juga merupakan kader posyandu.
Jekmil menurut Iin Rosita sudah ada sejak tahun 2018. Jekmil dibentuk untuk meningkatkan kesadaran ibu hamil di desanya memeriksakan diri ke puskesmas. Pemerisaan kondisi kehamillan di triwulan pertama sangat penting untukmengetahui kondisi kandungan. Saat itu jumlah kunjungan pemeriksaan ibu hamil ke puskemas sangat rendah karena dari survey yang dilakukan ibu hamil kesulitan transportasi menuju puskesmas karena suami mereka harus bekerja.
Driver ojek online dipilih dari relawan posyandu yang telah memiliki pengetahuan dan pengalaman terkait kehamilan. Saat ini ojek ibu hamil telah hadir di 10 desa dari 16 desa yang berada di Kecamatan Bendo Kabupaten Magetan. Di 10 desa tersebut ada 20 driver ojek omline. Uniknya menggunakan jasa ojek ibu hamil ini tidak dipungut biaya alias gratis.
Novitasari salah satu warga Desa Carikan mengatakan, selain mampu menepis aman terpapar virus covid 19, menggunakan Jekmil untuk memriksakan diri ke puskesmas juga aman karena pengendara yang mampu mempercepat kendaraan saat mengantar ibu hamil (DmS)

 94 total views,  3 views today

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *