Connect with us

Pendidikan

Dinas Perpustakaan Kabupaten Magetan Gelar Les Gratis Untuk Meminimalisir Ketergantungan Gadget.

Published

on

Dinas Perpustakaan Kabupaten Magetan Gelar Les Gratis Untuk Meminimalisir Ketergantungan Gadget.

Rasi Fm – Mengurangi ketergantungan anak anak terhadap gadget, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Magetan menggelar kegiatan les gratis bagi siswa SD dan SMP. Pustakawan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Magetan Cristiani Dyah Andriati mengatakan, kegiatan les gratis yang dilaksanakan seperti les komputer, les menggambar, les tari dan les bahas Inggris. Kegiatan Les tersebut telah dilaksanakan sejak tahun 2021 lalu. Kegiatan tersebut dimaksudkan untuk mengurangi ketergantungan anak anak terhadap gadget dan lato lato.

“Ini merupakan program transformasi perpustakaan berbasis inklusi nasional, diwujudkan pada kegiatan les gratis computer, menari, bahasa inggris serta menggambar yang dilaksanakan di perpustakaan dengan tujuan agar anak anak ini tidak ketergantungan dengan gadget atau lato lato. Disini mereka juga akan bersosialisasi dengan teman dari sekolah lain,” ujarnya.

Baca Juga:  Setelah SMP, Satgas Covid 19 Magetan Asesmen Sekolah Madrasah Tsanawiyah Untuk Belajar Tatap Muka.

Cristiani menambahkan, kegiatan les gratis juga merupakan upaya untuk mendekatkan masyarakat dengan perpustakaan sehingga akan menumbuhkan minat baca kepada masyarakat. Tak hanya untuk siswa SD dan SMP, les gratis juga diberikan kepada orang tua yang menunggu anak anak mereka mengikuti les.

Baca Juga:  Wali Yatim, Program Yayasan Al Hayat Untuk Keberlangsungan Pendidikan Anak Yatim Piatu

“Kepada orang tua kita buka juga pelatihan ketrampilan untuk membuat kue, pembuatan handy craff seperti pembuatan bunga dari acrylic atau pita, merajut, membatik ekoprint, merias wajah serta mendapat tambahan pengetahuan mitigasi bencana, sosialisasi hukum dan lain lain. Anggota kita sampai 80 ibu ibu yang tergabung dalam komuntas literasi,” imbuhnya.

Santosa salah satu warga Desa Wates, Kecamatan Panekan mengaku antusias mengikutkan anaknya les computer di Dinas Perpustakaan Kabupaten Magetan meski harus menempuh perjalanan 10 kilometer. Dia mengaku selain anaknya bisa menggunakan computer untuk hal kreatif, kegiatan les juga dimaksudkan untuk meminimalisir ketergantungan anak anak kepada gadget atau HP dan lato lato. Sambil menunggui anaknya mengikuti les, Santosa mengaku bisa menambah pengetahuan dengan membaca buku diperpustakaan.

Baca Juga:  Buntut Gaji Yang Belum Dibayar, Pekerja Renovasi Pasar Baru Magetan Mogok Kerja.

“Harapannya di pandai computer karena baru kelas 2. Disini kita juga bisa membaca sambil menunggu anak ikut les,” katanya.(DmS)

 229 total views,  3 views today

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *