Connect with us

Magetan's

Longsor Genilangit, Ganggu Pasokan Air PDAM

Published

on

Longsor Genilangit, Ganggu Pasokan Air PDAM

Longsor Genilangit, Ganggu Pasokan Air PDAM

Pipa PDAM Lawu Tirta Magetan jebol. Ini gara-garanya tebing longsor di Desa Genilangit Kecamatan Plaosan. Akibatnya, pasokan air bersih sekitar 3.500 pelanggan di wilayah Poncol dan Ngariboyo selatan, tersendat.

“Ada dua pipa transmisi yang rusak. Sehingga, pasokan air bersih untuk pelanggan tersendat,” kata Direktur Teknik PDAM Lawu Tirta Magetan, Wiyono, Senin (11/5/2020).

Dua pipa transmisi tersebut untuk suplai bahan baku air dari sumber Ondo-Ondo dan sumber Trojiwo. Dari sumber Ondo-Ondo pasokan yang mengalir sebanyak 12 liter per detik. Sedang dari sumber air Trijiwo memasok 30-35 liter per detik.

“Akibat rusaknya pipa transmisi, pasokan ke pelanggan mati dan secepatnya kami benahi. Kami mohon maaf kepada pelanggan yang terdampak,” ujar Wiyono.

Tebing longsor setinggi sekitar 100 meter di Desa Genilangit itu sebagai akibat dari hujan deras di Magetan pada Sabtu lalu. Kejadian tersebut juga mengakibatkan terputusnya akses jalan di Dukuh Wonomulyo, desa setempat.

Akibat lain, sebanyak 286 KK terisolasi karena material longsor menutup bahu badan jalan. “Jalan yang tertimbun longsor ini merupakan akses satu-satunya warga untuk keluar desa,” kata Kepala Desa Genilangit, Pardi.

Dibantu TNI-Polri, warga setempat melakukan gotong royong untuk membersihkan material longsor yang menutup bahu jalan. Sehingga, warga bisa mengakses kembali jalan tersebut.

(Sumber: magetankita.com)

Artikel Asli

 22 total views,  3 views today

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *