Now playing

Rate this item
(0 votes)

Sampah Berserakan di Taman Bunga Refugia dan Pasar Agrowisata Plaosan, Siapa Yang Peduli?

Published November 20, 2020

Rasi Fm – Sampah yang berserakan di sekitar destinasi wisata taman bunga refugia di Kecamatan Plaosan Kabupaten Magetan akhirnya dibersihkan setelah menumpuk hingga 2 minggu. Sejumlah warga mengeluhkan keberadaan sampah tersebut melalui media sosial. Setelah dikeluhkan warga, sejumlah dinas dan relawan di Magetan akhirnya turun tangan membersihkan tumpukan sampah yang mengganggu tersebut.
Candra ketua Paguyuban Wong Magetan PWM yang ikut turun tangan membersihkan sampah mengatakan, sampah yang menumpuk selama 2 minggu berasal dari buangan daun dan ranting pohon di sekitar taman bunga refugia yang dipotong dan buangan sampah yang berasal dari sampah pasar agrowisata Plaosan.
“Awalnya memang dari keluhan di medsos itu tentang banyaknya sampah yang numpuk disitu. Sampah yang numpuk itu juga keterlaluan, keterlaluannya mulai dari basah sampai sampah kering tidak ada tindakan. Yang disesalkan itu letaknya dekat dengan taman refugia,” ujarnya.
Candra menambahkan, menumpuknya sampah di lokasi detinasi wisata sangat disesalkan karena yang membuang sampah di lokasi tersebut dari banyak pihak. Artinya masih banyak warga yang belum peduli terhadap kebersihan lingkungan disekitar mereka. Dengan ramainya keluhan warga terkait keberadaan sampah tersebut membuat sejumlah dinas dan relawan akhirnya sepakat turun tangan membersihkan sampah tersebut. Candra berharap setelah bersih seluruh instansi dan masyarakat disekitar harus tegas menjaga kebersihan di lingkungan refugia dan pasar agrowisata.
“Tidak saatnya menyalahkan si A si B, si C yang penting kita bertangung jawab pada diri kita sendiri untuk tidak membuang sampah tetap menjaga kebersihan. Dan lingkungan harus berperan serta, jadi kalau ada buangan sampah yang berserakan tidak ditempatnya itu ora sampahku ora sampahe wong kene sing mbuwak wong adoh. Lha ne enek wong buwang diaru aruhi,” imbuhnya.
Sayangnya Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Hortikultura dan Ketahana Pangan Kabupaten Magetan selaku dinas yang membawahi Taman Bunga Refugia tidak bisa dikonfiirmasi terkait kegiatan bersih bersih sampah yang berada di sekitar taman bunga refugia tersebut. Dari penelusuran Rasi FM sampah sampah terbanyak menumpuk memang berasal dari tebangan pohon serta sampah basah dari pasar agrowisata dari Pasar Plaosan. Rencananya setiap bulan akan dilakukan pembersihan di lokasi tersebut untuk memberikan edukasi kepada warga. (DmS)

Read 328 times

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.