Now playing

Rate this item
(0 votes)

Gandeng ITS, Pemerintah Kabupaten Magetan Kembangkan Smart City

Published October 14, 2020

Rasi Fm – Pemerintah Kabupaten Magetan menggandeng Institut Tekhnologi Surabaya ITS untuk mengembangkan konektifitas kinerja sejumlah OPD yang ada di Magetan melalui Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). Melalui smart government diharapkan Pemerintah Kabupaten Magetan dapat mengembangkan Smart City. Bupati Magetan Suprawoto mengatakan, selama ini setiap OPD telah membuat aplikasi namun belum terkoneksi lintas OPD. Untuk mengembangkan smart city dibutuhkan perencanaan melalui peta jalan.
“Pengebangan I City itu banyak sekali tidak hanya di Magetan awalmya, jadi tiap daerah pasti ada silo silo. Setiap OPD pasti bikin aplikasi sendiri tapi tidak terkoneksi. Oleh sebab itu saya tidak mau, saya minta membuat road map, peta jalan. Peta jalan itu langkah yang harus ditempih bagaimana supaya kita pengembangan smart city jadi bagus. Ahlinya adalah ITS. Oleh sebab itu kita kerja sama dengan ITS untuk membuat peta jalan,” ujarnya.
Bupati Magetan Suprawoto menambahkan, saat ini sejumlah OPD telah dilakukan survey terkait jumlah asset serta jumlah warga masyarakat yang terlayani oleh OPD untuk dilakukan pemetaan. Dengan konektifitas antar OPD dan hasil survey terkait asset dan jumlah pelayanan diharapkan akan mampu menunjang kebutuhan terciptanya smart city di Kabupaten Magetan.
“ Mereka kan sudah survey masing masing OPD, bahwa mereka punya apa, komputermu berapa, aplikasinya apa, yang kamu layani siapa saja, sekarang bagaimana caranya. Sementara ini jalan masing masing, nanti akan terintegrasi,” ujarnya.
Bupati Magetan Suprawoto menambahkan, Focus Group Discussion (FGD) nantinya akan dilanjutkan dengan FGD berikutnya dimana untuk FGD berikutnya pemerintah daerah akan menentukan OPD layanan masyarakat mana saja yang akan terlibat.
Sementara Ketua tim ITS Surabaya, Dr. Ir. Endroyono, DEA mengatakan, pelaksanaan SPBE di kabupaten Magetan akan diarahkan pada sektor pelayanan. Tim dari ITS saat ini telah melakukan penyusunan proses bisnis dan integrasi data. Selanjutnya integrasi aplikasi umum dan khusus yang dikomando oleh Data and Command Center. (DmS).
.

Read 61 times

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.